--> Skip to main content

Mengapa 14 Agustus Diperingati Sebagai HARI PRAMUKA INDONESIA

merupakan hari Pramuka Indonesia. dimana lewat gerakan Pramuka ini dibentuknya mental penerus bangsa yang sejati, disiplin, serta berbakti pada negeri.

Lalu bagaimana sejarah Hari Praja Muda Karana ini diperingati sejak tanggal 14 Agustus? Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Awalnya Scouting atau istilah Kepramukaan, pertamakali dikembangkan oleh Lord Baden Powell sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan.

Ia menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907.

Sehingga Baden Powell dikenal sebagai bapak pramuka dunia.

Baca Juga

  • Kisah Motivasi Kegagalan Henry Ford
  • Panduan Materi SKU Penegak Bantara
  • Keberhasilan Baden Powell sebelum dan sesudah perkemahan di Brownsea ditulis dalam buku yang berjudul “Scouting for Boy” dan lewat buku itu kepanduan berkembang termasuk di Indonesia.

    Pada kurun waktu tahun 1950-1960 organisasi kepanduan tumbuh semakin banyak jumlah dan ragamnya, bahkan diantaranya merupakan organisasi kepanduan yang berafiliasi pada partai politik.

    Hal itu dinilai tidak efektif serta kurang bermanfaat dalam mendukung pembangunan Bangsa dan pembangunan generasi muda yang melestarikan persatuan dan kesatuan Bangsa.

    Sehingga bertolak dari ketetapan MPRS No. II/MPRS/1960, Presiden Soekarno selaku mandataris MPRS pada tanggal 9 maret 1961 memberikan amanat kepada pimpinan Pandu di Istana Merdeka.

    Kemudian Seokarno membubarkan organsiasi kepanduan di Indonesia dan meleburnya ke dalam suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan yang tunggal bernama Gerakan Pramuka.

    Gerakan Pramuka dengan lambang tunas kelapa di bentuk dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961.

    Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 dan sejak saat itulah setiap tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka. (*)

    seperti itulah mengapa tgl 14 agustus di sebut hari pramuka, semoga kita sebagai generasi muda memiliki semangat yang terus membara untuk melanjutkan warisan pendahulu dalam kepramukaan ini. untuk sejarah lainnya bisa cek disini, kita juga membahas materi sku, teknologi dan pengetahuan lainnya.

    Sponsor by my.print dan Buku Sejarah

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    voucer
    close
    Banner iklan disini