--> Skip to main content

Berani Menyampaikan Kritik Dan Saran Sesama Teman (Sku No.2)

Kritik cenderung mempunyai kesan negatif, sedangkan saran mempunyai kesan positif. Kritikan atau mengkritik berarti mengungkapkan bagian-bagian suatu karya yang dirasa kurang bagus, kurang menarik, atau kurang benar. Menyampaikan sebuah kritik akan sesuatu, hendaknya disertai dengan alasan yang jelas dan logis, sehingga tidak terkesan hanya sekedar mengkritik. Saran merupakan sebuah solusi yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Saran harus bersifat membangun, mendidik, objektif dan sesuai dengan topik yang dibahas

Pada umumnya Kritik tidak disertai solusi untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan saran akan disertai solusi dengan harapan supaya penilaian yang di sampaikan bisa menyelesaikan permasalahan yang ditanggapi

Berikut penjelasan Materi SKU Penegak Bantara No. 2, Berani Menyampaikan Kritik Dan Saran Sesama Teman. yang sudah disesuikan dengan panduan penyelesaian SKU Penegak terbaru.

Pencapaian Pengisian SKU Penegak Bantara No. 2

  1. Berani mengemukakan kritik dan saran dengan sopan dan santun, tanpa menyinggung teman. maksudnya jika kita membicarakan sesuatu dengan teman, kita harus percaya diri agar dapat menyampaikan kritik yang dapat membuat teman sadar akan kesalahannya, begitupula dengan saran yang disampaikan bertujuan agar dapat menyelasaikan masalah yang di bahas.
  2. Dapat mengungkapkan alasan , maksudnya adalah agar kritik dan saran yang kita sampaikan tidak keluar begitu saja, sehingga dengan di sertai alasan kritik dan saran yang kita sampaikan dapat dipertimbangkan oleh teman.
  3. Dapat memilih kata-kata yang tidak menyinggung temannya, maksudnya kata-kata yang digunakan adalah kata-kata yang benar dan disampaikan secara tidak emosional dan objektif sekaligus sifatnya membangun.
  4. Tahu waktu yang tepat untuk menyampaikan kritikan, maksudnya adalah memilih waktu yang tepat seperti menunggu teman selesai berbicara, saat diberikan waktu dan lain-lain.
  5. Dapat membaca perasaan teman, maksudnya adalah sebelum member kritik dan saran sebaiknya kita memperhatikan teman apakah dia dalam perasaan yang baik atau tidak, sehingga apa yang kita sampaikan bisa di pahami.

pembahasan Berani Menyampaikan Kritik Dan Saran Sesama Teman ini, kami simpulkan kembali menjadi 5 Cara Memberi Kritik Dan Saran Supaya Tidak Menyinggung Perasaan Orang lain.

Baca Juga


5 Cara Memberi Kritik Dan Saran Supaya Tidak Menyinggung Orang Lain

1. Sampaikan di waktu yang tepat

Ketika ingin mengungkapkan kritik dan saran, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah menentukan waktu yang tepat. Apakah orang tersebut sedang terlihat lelah? Apakah dia sedang emosi? Apakah kalian berada di tempat ramai?

Kritik dan saran yang baik disampaikan ketika orang tersebut siap menerimanya. Pilihlah waktu ketika dia tidak terlihat lelah atau kesal sehingga kritik yang kita sampaikan mampu diterima dengan kepala jernih. Selain itu, pastikan juga tidak di depan banyak orang supaya dia tidak menganggap kita ingin menjatuhkannya.

2. Sampaikan Kelebihan Terlebih Dahulu

Meskipun niat kita baik dalam mengungkapkan kritik dan saran, namun kita perlu memperhatikan bagaimana cara kita mengungkapkannya. Jangan sampai niat baik kita malah dianggap menyerang. Oleh karena itu, usahakan kita memulai kritik dengan mengungkapkan kelebihan terlebih dahulu.

apabila kita memulai menggunakan kelebihan, maka rasa percaya dirinya akan semakin tinggi sehingga apa yang kita sampaikan akan terdengar lebih objektif karena kita tidak hanya melihat kekurangannya.

3. Gunakan Bahasa Yang Lugas, Jelas, dan Sopan

Berkomunikasi memang tidak semudah yang kita bayangan , apalagi jika menyampaikan kritik. Kadang pesan yang ingin kita sampaikan tidak bisa diterima dengan baik, dikarnakan bahasa yang digunakan mengakibatkan arti lain. Oleh karena itu, salah satu cara menyampaikan kritik dan saran dengan sopan dan santun harus memperhatikan bahasa yang dipakai.

Agar pesan yang ingin kita sampaikan tidak ambigu dan bertele-tele, usahakan kita memakai bahasa yang lugas, jelas, dan sopan. Hindari istilah-istilah yang mengakibatkan makna ganda, kalimat-kalimat yang tidak to the point, dan kata-kata kasar.

4. Jangan Libatkan Emosi

Ketika ingin menyampaikan kritik dan saran, perlu diperhatikan bahwa kita harus bersikap objektif. Hindari kritik dan saran yang tidak membangun dan asal sebut hanya karena kita mempunyai masalah personal padanya. Ingat, kritik dan saran ada untuk membuat seseorang supaya menjadi pribadi lebih baik, bukan untuk menjatuhkan.

5. Berikan Opsi atau Rincian Solusi

Terakhir, cara memberi saran yang baik supaya tidak menyinggung perasaan orang adalah dengan memberikan opsi atau pilihan dan menjelaskan rincian solusi yang kamu tawarkan. Memberi saran dan kritik memang boleh saja, tetapi akan lebih baik lagi apabila kamu juga memberikan solusi atau pilihan lain untuknya.

Dengan begini, kamu juga tidak hanya pintar mengomentari orang lain tetapi juga bisa memberikan solusi yang lebih baik. Orang yang kamu berikan saran juga akan memberikan hormat dan kepercayaan padamu karena kamu tidak menjatuhkannya melainkan benar-benar berusaha untuk memberikan saran dan solusi yang membangun.

itu dia, Penjelasan materi SKU Penegak bantara No.2 Berani Menyampaikan Kritik Dan Saran Sesama Teman. untuk materi lainnya seputar pembahasan SKU atau Kepramukaan bisa klik Disini

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer
close
Banner iklan disini