--> Skip to main content

Kisah Motivasi Kegagalan Henry Ford (1863-1947)

Henry Ford adalah seseorang insinyur Amerika yg banyak bergerak pada bidang industri semasa hidup. Ia juga adalah pendiri Ford Motor Company, yang merupakan sebuah perusahaan kendaraan beroda empat ternama dari Amerika.

Ia mengembangkan dan memproduksi jenis kendaraan beroda empat pertama yg banyak dipakai oleh orang Amerika saat itu.

Jenis contoh kendaraan beroda empat yang pertama kali dia ciptakan merupakan jenis T Automobile yang mentransformasi usaha industri dan transportasi pada Amerika bahkan dunia. Ia memulai sebuah tren baru, yaitu kendaraan yang dijalankan menggunakan mesin.

Ia memulai sebuah penemuan yang banyak orang belum pernah melakukannya. Perlahan akan tetapi pasti, hasil inovasinya membawa Ford Motor sebagai sebuah perusahaan yang terdepan dalam bidang industri transportasi.

Henri Ford juga seorang yang mendukung soal perdamaian pada saat Perang Dunia I melalui buku The International Jew.

Perjalanan Hidup Henry Ford

Henry Ford lahir pada 30 Juli 1863 di keluarga petani (William Ford & Mary Ford) di Wayne County, Michigan. Di umur ke 15, ayahnya memberikan jam saku. Ia kemudian membongkar dan merangkainya kembali. Alih-alih menggarap ladang keluarga, henry ford lebih suka memperbaiki jam tangan para tetangga, itu karena ia memilliki minat kebidang teknik yang tinggi.

Di usia ke 16, Henry Ford meninggalkan kampung halamannya untuk menjadi pekerja magang sebagai masinis di Detroit.

Pekerjaan tersebut membuatnya mahir dalam mengoperasikan mesin uap. Tak lupa, dia juga belajar tentang pembukuan di Goldsmith, Bryant & Stratton Business College di Detroit.

Pada 1891, Henry Ford menjadi seorang insinyur di Edison Illuminating Company. Ia lalu mengalami kenaikan pangkat di tahun 1893. Tak lama, dia pun memulai penelitiannya dalam bidang industri.

Pada tahun 1896, dia menemukan sebuah kendaraan yang dia beri nama Ford Quadricycle. Ia melakukan uji coba pada 4 Juni 1896 dan mengubah nama penemuannya menjadi Quadricycle.

Pada tahun yang sama, Henry Ford bertemu dengan Thomas Alva Edison, selaku pimpinan di tempatnya bekerja. Atas persetujuan Edison, Henry Ford melakukan eksperimen keduanya yang selesai pada tahun 1898.

Baca Juga :

Pada 5 Agustus 1899, Henry Ford mengundurkan diri dari Edison Illuminating Company dan mendirikan Detroit Automobile Company pada 5 Agustus 1899. Perusahaan itu tidak mencapai kesuksesan dan dibubarkan pada Januari 1901.

Tak putus asa, tanggal 30 November 1901 Henry Ford dan Murphy membentuk Henry Ford Company, dimana Henry Ford menjadi kepala insinyurnya. Tak lama, Henry Ford meninggalkan Henry Ford Company.

Sepeninggalannya, Perusahaan tadi berubah nama menjadi Cadillac Automobile Company. Pada 16 Juni 1903, Henry Ford & Malcomson bersama-sama membentuk Ford Motor Company.

Di perusahaan ini, Henry Ford mulai menemukan kesuksesannya menjadi pencipta dan pemrodusen mobil dunia. Pada 1 Oktober 1908, dia memperkenalkan Model T menjadi produk pertama dari Ford Motor Company.

Jenis kendaraan beroda empat ini sangat disukai oleh orang-orang Amerika pada waktu itu lantaran sangat mudah untuk dikendarai dan diperbaiki. Pada 1920, hampir seluruh orang Amerika termotivasi untuk mempelajari cara mengendarai Model T.

Mobil ini akhirnya diproduksi hingga 15.007.034 unit. Ini merupakan sebuah rekor yang didapat oleh Model T. Pada 1927, Model A diperkenalkan ke warga  Amerika. Mobil ini diproduksi sampai 4 juta unit.

Kesuksesan Henry Ford

Keberhasilan Henry Ford  membuat mobil itu menarik minat beberapa pengusaha untuk bekerja sama mendirikan perusahaan membuat mobil. Perusahaan pertamanya gagal. perusahaan kedua juga gagal. singkat cerita, perusahaanya tidak pernah sukses menghasilkan satu mobilpun sehingga para investornya marah dan mengusir henry ford dari perkongsian.

Namun ia tetap yakin bahwa suatu saat akan bisa mengahasilkan mobil yang bagus dan laku. Setidaknya dia mengalami 5 kali kegagalan berbisnis sebelum mendirikan Ford Motor Company yang pertama dan legendaris. Sehigga dari kegagalannya itu henry ford berujar

“Kegagalan adalah kesempatan untuk memulai lagi, dengan lebih pintar.”

Henry ford tak pernah menyerah dalam usahanya membangun perusahhan dan membuat mobil. Dan akhirnya semua orang tahu bahwa heny ford adalah salah satu tokoh otomotif dunia yang berpengeruh.

Sebagai seseorang pelaku usaha dan inovator, Henry Ford sudah menciptakan sebuah tonggak bagi perkembangan dunia, terutama pada bisnis transportasi. Kehebatan Henry Ford dalam merancang kendaraan beroda empat menciptakan generasi modern saat ini.

Itu dia pembahasan Kisah Motivasi Kegagalan Henry Ford, yang sangat menginspirasi tentang begitu pentingnnya perjuangan dan tekad pantang menyerah. semoga kalian yang membaca ini, bisa tersentuh dan sadar bahwa paerjuangan masih panjang, ayo bangkit dan buktikan pada mertua. 

jika kalian suka pembahasan tentang sejarah bisa cek disini, kita juga membahas seputar terknologi dan pengetahuan lainnya. 

Sponsor by myprint dan Buku Sejarah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
voucer
close
Banner iklan disini